Tips Jitu Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

shares |




Pemilihan jurusan kuliah yang tepat dapat menentukan masa depan anda. Namun tak sedikit para siswa yang baru mau lulus SMA kebingungan akan jurusan apa yang akan diambil saat kuliah. Hal ini tentu saja menjadi masalah tersendiri. 

Pada dasarnya memilih jurusan kuliat tidak lah sulit apabila anda sudah mengetahui minat dan bakat yang anda miliki. Karena bermula dari minat dan bakat anda dapat menekuni suatu bidang dengan perasaan senang dan menghasilkan hasil ahir yang memuaskan. 

Dalam mendaftar ke suatu universitas tentu diperlukan banyak persiapan. Apalagi jika terdapat beberapa tes, maka anda benar benar harus menentukan jurusan apa yang akan anda ambil. Oleh karena itu berikut ini kami berikan beberapa tips jitu untuk anda yang masih kebingungan untuk memilih jurusan kuliah. 

1. Pastikan bidang apa yang anda minati 

Untuk mendapat gelar sarjana saat kuliah setidaknya anda akan menghabiskan waktu 3 hingga 4 tahun berkutat dengan jurusan yang anda pilih. Oleh karena itu agar anda menikmati masa - masa kuliah dengan tenang dan menyenangkan pastikan anda mengambil jurusan sesuai dengan bidang yang anda miliki. Selain itu kemampuan dan keinginan anda tentu akan diperhitungkan ketika mendaftar ke perguruan tinggi. 

2. Kenali prestasi apa yang anda miliki 

Prestasi yang anda miliki dalam suatu bidang akan menunjang anda untuk masuk dalam jurusan di perguruan tinggi. Misalnya ketika anda ingin jurusan sebagai dokter maka  pastikan anda masuk di SMA jurusan IPA dan memiliki nilai yang bagus. Kemudian ketika anda memilih jurusan designer anda tentu telah memiliki sebuah design yang dapat digunakan sebagai salah satu bahan pertimbangan. Oleh karena itu memilih jurusan kuliah tentunya harus dipikirkan lebih awal. 

3. Kenali hobi yang anda miliki

Apabila anda kebingungan untuk mengetahui bakat dan minat anda, hobi bisa jadi salah satu petunjuk anda untuk memilih jurusan di perguruan tinggi.

4. Apa yang anda cita - citakan 

Cita - cita jelas yang telah anda miliki sejak di bangku SMA akan membantu anda dengan mudah untuk memilih jurusan kuliah. Karena dengan begitu anda akan berpacu dan semangat untuk meraih cita - cita tersebut. Dengan demikian anda tentu saja sudah melakukan persiapan yang lebih matang sebelum masuk ke perguruan tinggi. 

5. Pahami peluang yang ada

Memahami peluang kerja disekitar juga dapat menjadi bantuan anda untuk memilih jurusan yang anda miliki. Seiring dengan berkembangnya zaman tentu tenaga kerja dan passion yang dibutuhkan akan berbeda dan semakin meningkat. 

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar