Siap - Siap, Pemerintah Bakal Agendakan Lomba Ekstrakurikuler Nasional

shares |




Kegiatan ekstrakurikuler disekolah merupakan kegiatan yang dibentuk oleh sekolah untuk meningkatkan daya interaksi sosial yang ada pada diri siswa. Namun seiring berkembangnya jaman, kegiatan ekstrakurikuler menjadi hal yang tak diwajibkan oleh beberapa sekolah. 

Mengingat manfaat yang baik dari kegiatan ekstrakurikuler yang baik bagi sifat individu dari siswa, Presiden Joko Widodo menghendaki agar kegiatan ekstrakurikuler menjadi kegiatan yang wajib diikuti oleh iseluruh siswa di Indonesia. Seperti yang kita ketahui seiring dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih membuat kemampuan interaksi sosial anak semakin meningkat. Hal ini tentu saja akan membuat keadaan moral dan pendidikan semakin memburuk. 

Oleh karena itu Presidan Joko Widodo meminta demikian. Muhadjir Effendy selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pun langsung menanggapi permintaan yang telah diungkapkan oleh orang nomor satu di Indonesia tersebut. Pihaknya mengungkapkan bahwa membutuhkan waktu untuk melakukan hal tersebut. Karena dibutuhkan sebuah reorganisasi penyelenggaraan sekolah. Ditambah lagi kini kegiatan ekstrakurikuler semakin tak diminati oleh para siswa. 

"Harus ada waktu dan kelas yang mewadahi dan mengakomodasi kegiatan ekstrakurikuler. Misalnya ada musim kompetisi, pertandingan olahraga, lomba kebudayaan semua jenjang. Kemudian event nasional yang merupakan puncak kegiatan," ungkap Mendikbud usai pembukaan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2017 di Jakarta International Expo (JIExpo) beberapa waktu yang lalu.

Dengan demikian pertandingan estrakurikuler nasional bakal diselenggarakan untuk menarik minat para siswa kembali. Diharapkan kompetisi ekstrakurikuler nasional dapat diselenggarakan setiap tahun dan menjadi agenda rutin musiman yang dilakukan oleh seluruh siswa di Indonesia. Untuk merujudkan hal itu Muhadjir mengungkapkan bahwa dirinya butuh waktu untuk membuat sebuah paket kebijakan perlomban ekstrakurikuler nasional. 

Selama ini memang sudah ada kegiatan wajib yang harus diikuti siswa di sekolah yakni pramuka. Kali ini siswa dihimbau untuk memilih kegiatan ekstrakurikuler yang terbagi dalam berbagai bidang minat seperti kesenian dan olahraga. 

"Tetapi Presiden minta ada proses berjenjang. Sehingga nanti ada regulasi semacam kompetisi dan lomba untuk kegiatan-kegiatan itu, mulai tingkat kecamatan sampai pusat. Semoga bisa menjadi bahan diskusi di Rembuknas mumpung ada kepala dinas dari provinsi, kabupaten, dan kota yang saya anggap mewakili pemda masing-masing," tutupnya. 

Oleh karena itu bagi anda yang merupakan siswa aktif mengikuti ekstrakurikuler, maka bersiaplah untuk mengkituti kegiatan lomba yang akan diselenggarakan oleh pemerintah. Memang belom dipastikan waktunya namun kegiatan ini dapat menjadi pemicu siswa kembali minat untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.  


Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar