Nama Nama Lengkap Raja Mataram Kuno

shares |




Kerajaan Mataram Kuni terletak di Jawa Tengah, selain disebut dengan Kerjaan Mataram Kuno, Kerajaan tersebut juga memiliki sebutan lain yakni kerajaan Mataram Hindu. Terbentuknya Kerajaan Mataram Kuno memang melalui sejarah yang cukup panjang. Kerjaan mataram Kuno sempat dipimpin oleh Raja Sanjaya. Beliau memerintah Mataram kurang lebih pada tahn 732 Masehi. 

Selama memimpin Raja Sanjaya mendapatkan gelar Rakai Mataram Sang Ratu Sanjaya. Setelah masa kepemimpinannya usai jabatan yang dimiliki digantikan oleh Sri Maharaja Rakai Pangkaran. Sesuai dengan catatan Sejarah yang ada berikut ini adalah nama nama lengkap raja yang sempat memerintah Mataram Kuno di Jawa Tengah. 

  1. Rakai Mataram Sang Ratu Sanjaya
  2. Sri Maharaja Rakai Panangkaran
  3. Sri Maharaja Rakai Panunggalan
  4. Sri Maharaja Rakai Warak
  5. Sri Maharaja Rakai Garung
  6. Sri Maharaja Rakai Pikatan
  7. Sri Maharaja Rakai Kayuwangi
  8. Sri Maharaja Rakai Watuhumalang
  9. Sri Maharaja Rakai Watukura Dyah Balitung Dharmodya Mahasambu
  10. Daksa
  11. Raja Tulodhong
  12. Raja Wawa


Pada masa kejayaan Mataram Kuno, tokoh sejarah yang paling populer adalah Rakai Watukura Dyah Baliting. Ketika dalam masa pemerintahannya Mataram Kuno mampu berjaya diantara kerajaan kerajaan lainya. Selain itu dalam kepemimpinan Balitung Mataram Kuno mampu menaklukkan beberapa dareh disebelah timur wilayahnya. 

Tak hanya itu rasa toleransi ketika kekuasaan Baliting pun juga sangat terasa. Rakyat yang memeluk agama berbeda seperti Hindu dan Budha terlihat saling mengharga satu sama lain. Banyak bangunan candi yang terbangun bekat gotong royong dari semua masayarakat berbagai agama. 

Itu lah nama - nama raja Mataram yang mungkin wajib anda ketahui. Sejarah bagi Indonesia memang sangat berarti. Karena negara yang mencintai sejarahnya adalah negara yang maju dan dapat menghormati sesamanya. 

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar