Metode Pembelajaran Siswa SD yang Efektif

shares |




Memiliki siswa yang pintar merupakan dambaan setiap guru. Hal ini bertujuan untuk meningkaykan taraf pendidikan dan menciptakan genarasi yang lebih pintar. Dengan demikian secara tak langsung menyebutkan bahwa peran guru sangat penting bagi proses pembelajaran siswa agar menjadi lebih pintar. Hal ini lantaran guru menyalurkan beberaapa ilmu yang belum diketahui oleh para siswa hingga pada akhirnya siswa mengerti dan paham terkait ilmu yang diajarkan. 

Untuk memperoleh proses pembelajaran yang efektif bagi siswa SD guru memiliki kendala pada minal siswa untuk belajar dengan senang hati. Pada tingkat SD kemamuan belajar masih sangat minim dan lebih memilih untuk bermain. Oleh karena itu para guru harus cerdas untuk membuat metode pembelajaran yang tepat. 

Salah satu metode pembelajaran yang paling efektif untuk diterapkan pada anak SD adalah metode pembelajaran sambil bermain dan melibatkan siswa dalam setiap pembelajara. Pasalnya apabila anda menggunakan metode pembelajaran lama dan hanya menuntut siswa untuk mendengarkan dan memperhatikan maka pelajaran tersebut tak akan terserap dan membuat siswa menjadi lebih cepat bosan. 

Dengan menerapkan metode belajar sambil bermain, maka secara tak langsung siswa akan menyerap apapun yang disampaikan oleh guru. Selain itu siswa juga tak aka terbebai denga penjelasan yang membosankan. Misalnya ketika mengajarkan sejarah buat sebuah kuis yang semenarik mungkin dan siapkan reward bagi siswa yang memiliki pengetahuan lebih banyak. Hal ini akan membuat siswa lebih ingin mengetahui segala hal tentang sejarah lebih banyak. 

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar