Mengupas Perbedaan Iklim dan Cuaca

shares |



Cuaca dan iklim merupakan dua kata yang berbeda namun memiliki arti yang hampir sama. Tiap negara di dunia tentu saja memiliki cuaca dan iklim yang berbeda beda. Lantas apakah perbedaan cuaca dan juga iklim. Berikut ini akan kami ulas perbedaannya. 

Iklim 

Iklim adalah keadaan rata rata dari cuaca yang terdapat pada suadaerah. Cakupan iklim lebih luas dibandingkan dengan cuaca. Iklim dapat dikategorikan dimana keadaan musim yang terjadi cukup lama. Hal yang bisa ditandai sebagai iklim adalah terjadi berkali kali dalam waktu yang lama, bersifat stabil dan terjadi selama berbulan bulan. Penyebab terjadinya iklim adalah letak matahari ketika menyinari bumi, ketinggian daerah dan letak geografis dari suatu daerah. 

Cuaca 

Cuaca adalah kondisi udara yang terdapat di suatu tempat namun jangkauannya tak seluas iklim. Selain itu cuaca juga memiliki waktu yang lebih singkat. Hal ini lantaran unsur cuaca sering berubah - ubah dan tak bersifat stabil. Cuaca pada umumnya adalah hal yang menandai sebuah fenomena yang akan terjadi. Penyebab dari cuaca adalah adanya kelembapan dan suhu yang terdapat di sebuah tempat, dimana kelembapan dan juga suhu di setiap daerah pasti berbeda beda. 

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar