Mengenal Sosok Dewi Sartika, Perintis Pendidikan Bagi Kaum Wanita di Indonesia

shares |



Ya siapa yang tak kenal Dewi Sartika Pahlawan pendidikan bagi perempuan Indonesia yang berasal dari Bandung Jawa Barat ini memang sudah dikenal hingga seluruh Indonesia. Bahkan namanya kini diabadikan untuk  berbagai nama ruas jalan di Seluruh Indonesia. 

Perempuan kelahiran Cicalengka 4 Desember 1884 silam ini memang memiliki jasa yang cukup besar bagi pendidikan perempuan di Indonesia. Meski dibesarkan di kalangan priyayi, Dewi Sartika termasuk salah satu anak yang beruntung karena bisa belajar dan bersekolah di era kolonial Belanda. 

Sejak kecil Dewi Sartika memang memiliki perhatian yang lebih didunia pendidikan. Tak heran jika sepak terjangnya di dunia pendidikan akhirnya membuahkan gelar sebagai tokoh pendidikan di tahun 1966. 

Pada era itu anak Indonesia tak semua beruntung dapat mengenyam pendidikan. Karena ia beruntung dapat bersekolah diusia yang masih 10 tahun ia pun telah menjadi guru dan membagi ilmu yang ia peroleh. 

Dengan sabar dan telaten ia mengajarkan teman teman sebayanya untuk membaca dan menulis. Setelah lulus dari pendidikan Kasundan dan Ayahnya meninggal Dewi Sartika pun pindah ke Bandung dan mendirikan sekolan yang bertajuk sekolah istri. 

Seperti dengan namanya sekolah tersebut hanya mengajari para perempuan untuk berhitung membaca menulis, agama sampai menjahit. Sekolah yang awalnya bertempat di Pendopo Kabupaten Bandung kemudian berpindah ke Jalan Cguriang dan mengganti namanya menjadi Sekolah Keoetamaan Isteri. Dengan nama yang berubah mata pelajaran yang diajarkan pun juga bertambah. 

Sekolah tersebut pun akhirnya berkembang pada tahun 1912. Tercatat terdapat 9 sekolah yang sama di seluruh Jawa Barat. Kemudian tak sampai situ sekolah tersebut juga berkembang hingga ke beberapa Kabupaten. Tak sendiri Dwi sartika melakukan itu semua dan berhasil atas dkungan ang suami yakni Raden Kanduruan Agah Suriawinata. Tokoh Nasional Pendidikan tersebut akhirnya meninggal dunia pada tahun 1947 di usia  63 tahun.  

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar