Mengenal Organ Penyusun Sistem Pencernaan Manusia

shares |



Manusia memiliki sistem pencernaan yang cukup kompleks. Banyak organ yang terdapat dalam sistem pencernaan manusia. Nah berikut ini adalah organ pencernaan manusia yang harus anda ketahui. 

Rongga Mulut 

Mulut menjadi tempat mencerna makanan pertama kali. Didalam rongga mulut terdapat gigi yang berfungsi untuk menghancurkan makanan yang masuk 

Lidah

Dalam sisitem pencernaan lidah digunakan sebagai indera perasa untuk merasakan makanan yang masuk dan mendorong makanan untuk masuk ke lambung 

Kelenjar ludah

Kelenjar ludah dapat menghasilkan enzim ptialin untuk mencerna makanan secara kimiawi dalam perut.

Kerongkongan

Makanan akan didorong menggunakan gerak peristaltik di kerongkongan hingga menuju kedalam lambung.

Lambung 

Dalam lambung akan terjadi pencernaan mekanik dan kimiawi. Dalam pencernaan kimiawi lambung dibantu oleh enzim Renin, HCL, dan Pepsin. 

Pankreas

Organ pankreas tidak untuk berperan aktif dalam sisitem pencernaan. Melainkan hanya menghasilkan ezim yang dapat membantu proses pencernaan seperti Lipase, Tripsin, dan Amilase. 

Hati 

Fungsi hati sama dengan pankreas. Jika dalam pankreas menghasilkan enzim pada hati menghasilkan empedu. 

Usus

Terdapat 3 jenis usus dalam sistem pencernan yakni usus duabelas jari, usus halus, dan usus besar. Dimana masing masing bagian memiliki fungsi sendiri sendiri, pada usus dua belas jari berfungsi untuk menyalurkan enzim dari pankreas, pada usus halus menyerap sari sari makanan dan terakhir pada usus besar menyerap air dan pembusukan sisa sari makanan. 

Anus 

Organ yang terakhir berfungsi untuk membuang sisa sari makanan yang sudah tak diperlukan oleh tubuh. 

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar