Macam - Macam Pembuluh Darah

shares |





Bagi manusia pembuluh darah adalah hal yang paling penting. Karena merupakan sebuah saluran untuk mengalirkan darah dalam tubuh. Terdapat 3 jenis pembuluh darah manusia. Berikut ini akan kami jelaskan macam - macam pembuluh darah manusia. 

Pembuluh Nadi 

Pembuluh nadi adalah pembuluh darah yang bertugas untuk membawa darah dari jantung untuk disalurkan keseluruh tubuh. Pembuluh Nadi utama disebut juga sebagai Oarta yang menyatu di bilik kanan dan kiri jantung. Selain Oarta ada juga arteri yang terdapat di bawah permukaan kulis dan mamiliki lapisan paling tebaL. Dengan demikian denyutan pembuluh nadi akan terasa dibeberapa tempat tertentu seperti leher, pergelangan tangan dan yang lain. 

Pembuluh Balik 

Pembuluh balik adalah saluran pengalir darah yang membawa karbondioksida. Berbeda dengan Nadi , pembuluh balik memiliki lapisan yang lebih tipis dan denyutannyapun sama sekali tak terasa. 

Pembuluh Kapiler 

Fungsi dari pembuluh darah kapiler adalah untuk menghubungkan antara pembuluh nadi terkecil dan pembuluh balik terkecil. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembuluh kapiler memiliki ukuran yang sangat kecil dan halus yakni sekitar 7.5 mikron

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar