Kerajaan Budha Tertua di Indonesia

shares |



Agama Budha petama kali masuk di Indonesia dibawa oleh pengelana yang berasal dari Cina bernama Fa Hsien. Setidaknya sejak Abad ke 5 Masehi agama budha telah dikenal oleh masyarakat Indonesia. 

Kerajaan Budah pertama yang sekaligus menjadi kerajaan Budah tertua tak lain adalah kerajaan Sriwijaya. Sesuai dengan sejarah kerajaan Sriwijaya telah dibangun sejak abak ke 7 Masehi. Ii terbukti dengan adanya beberapa peninggalan kerajaan Sriwijaya yakni diantaranya adalah prasasti kedukan bukit yang berlokasi di Palembang dan ditemukan pada tahun 689 masehi. 

Pada massa itu kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan yang mempunyai kekuasaan yang kuat. Mengapa tidak dimasa kejayaanya , Sriwijaya mampu menaklukkan seluruh wilayah yang ada di Sumatra dan berhasil menguasai perdagangan di Asia Tenggara. 

Ketika baru didirikan Kerajaan Sriwijaya dipimpin oleh Raja Sanjaya. Kemudian tahta kepemimpinan pun terus berlanjut ke keturunan dari Raja Sanjaya mulai dari Dapunta Hyang Sri Jayanasa hingga Srimat Sri Udayadityawarma Pratapapkrama Rajendra Maulimali Warmadewa. 

Meski terbilag cukup kuat, akhirnya masa kejayaan Sriwijaya pun runtuh ketika mendapat seranan dari kerajaan Cholamandala. Akibat kekalahan yang diterima membuat sektor perekonomian Sriwijaya melemah dan membuat daerah daerah yang berada dibawahnya satu persatu melepaskan diri dari Sriwijaya. Kerajaan Sriwijaya benar benar megalami keruntuhan pada abad ke 13. 

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar