Ini Hal yang Harus Anda Siapkan Jika Ingin Lolos Seleksi Beasiswa Ke Luar Negereri

shares |




Melanjutkan sekolah ke luar negeri memang menjadi dambaan bagi sebagaian mahasiswa di Indonesia. Tak heran jika banyak sekali yang mengikuti seleksi penerimaan beasiswa ke luar negeri yang dilaksanakan setiap tahunnya. 

Mengikuti seleksi beasiswa ke luar negeri bukan merupakan hal yang mudah. Harus ada sesutu yang menarik dari diri anda dan tentunya dengan prestasi yang cukup baik. Nah berikut ini kami sajikan apa saja yang perlu anda siapkan ketika ingin lolos seleksi beasiswa keluar negeri. 

1. Usahakan anda memiliki hasil yang sempurna di bidang akademis 

Pastikan nilai nilai yang anda miliki dibidang pendidikan maupun akademis mencapai nilai yang sempurna. Apalagi tak sedikit universitas di luar negeri yang memperhatikan pencapaian akademis yang dimiliki oleh pendaftar. Jika menurut riwayat siswa yang pernah mengikuti olimpiade sains memiliki kemungkinan besar untuk diterima 

2. Aktif dalam berorganisasi 

Nili hanyalah sebuah syarat awal. Selain nilai keikutsertaan dalam organisasi juga berpengaruh daam tahap penerimaan. Hal ini karena mereka yang aktif dalam organisasi dianggap akan lebih bermanfaat untuk mebagikan ilmunya kepada orang banyak atau kepentingan umum. 

3. Tes kemampuan bahasa asing

Hal penting yang tak boleh diabaikan adalah kemampuan bahasa asing. Karena di luar negeri tak mungkin anda akan menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari - hari. Selain itu kemampuan bahasa juga sangat diperhitungkan dalam prose seleksi. Pastikan anda memiliki nilai tes TOEFL yang cukup tinggi yakni sekitar 550 dan tes IELTS diatas 6.5. 

4. Ciptakan Curriculum Vitae yang Informatif 

Berkas berkas yang harus dilengkapi pun sebaiknya dibuat dengan sempurna. Seperti halnya CV. Buatlah CV yang se informatif mungkin dan representatif. Sehingga para pemberi beasiswa yang membcanya tertarik untuk memberikan beasiswa pada anda. 

5. Promosikan diri melalui motifation letter 

Ketika membuat motivation later pastikan anda benar benar mengetahui jurusan yang anda pilih. Jelaskan dengan detail dan menarik alasanmu memilih jurusan itu dan pengaruh apa yang akan anda dapatkan ketika melanjutkan study dengan jurusan tersebut. Jika ada tambahkan pengalaman atau pencapain yang telah anda miliki terkait jurusan yang anda minati. 

6. Latihan sebelum interview 

Setelah lolos dari tahap CV dan motivation letter, selanjutnya anda akan melakukan sebuah wawancara. Untuk mengantisipasi kegugupan anda coba lah melakukan sebuah latihan wawancara sebelum benar benar menghadapi pihak pemberi beasiswa. Biasakan menggunakan bahasa inggris dalam menjawab. Dengan demikian anda akan tahu apa saja yang akan ana jawab dan melatih agar tak kaget ketika diserbu banyak pertanyaan 

7. Tunjukkan Beasiswa yang anda miliki nantinya dapat bermanfaat bagi orang banyak 

Ketika diwawancarai dan ditanyi terkait jurusan yang dipilih. Maka jangan menjawabnya dengan keegoisan dan ambisi yang cukup besar. Ungkapkan juga bahwa beasiswa tersebut nantinya akan dapat dikontribusikan bagi orang banyak bahkan bagi Indonesia. Hal ini tentu saja akan menjadi nilai tambah tersendiri. 

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar