Ini Dia Tokoh Pendidikan Indonesia yang Patut Dikenang

shares |




Pendidikan meruapakan salah satu hal yang sangat penting bagi hampir semua bangsa termasuk Indonesia. Tak heran jika keberadaannya sejak dulu memang sangat didambakan. Seperti yang kita ketahui dalam masa penjajahan warga Indonesia memang sangat sulit untuk memperoleh akses pendidikan. 

Hanya orang orang tertentulah yang dapat mengenyam pendidikan yang layak. Berkat jasa jasa pahlawan pendidikan yang ada di Indonesia, maka warga Indonesia pun akhirnya dapat menyenyam pendidikan dengan baik. Berikut ini adalah tokoh pahlawan pendidikan yang sangat berjasa bagi Indonesia. 

RA Kartini 

Pahlawan perempuan asal Jepara ini merupakan tokoh pendidikan wanita yang memiliki keberadaan yang cukup tinggi. Dengan kegigihannya ia memperjuangkan hak hak wanita dalam mengenyam pendidikan melalui emansipasi wanita. Selain itu RA Kartini juga dikenal sebagai seorang pembangkit permpuan pribumi. 

Ki Hajar Dewantoro 

Ya anda tentu sudah tak asing dengan nama Ki Hajar Dewantoro, jasanya begitu besar bagi dunia pendidikan Indonesia. Dengan kegigihannya Ki Hajar Dewantoro mampu mendirikan Taman Siswa yang menjadi lembaga pendidikan formal pertma di Indonesia. Selain itu beliau juga memperkenalkan semboyan Tut Wuri Handayani yang kini menjadi semboyan pendidikan di Indonesia. 

Dewi Sartika 

Hampir sama dengan Ki Hajar Dewantoro, Dewi Sartika yang merupakan tokoh asal Jawa Barat ini telah berhasil mendirikan sekolah perempuan yang pertama se Hindia Belanda. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi Indnesia. 

H Hasim Asya'ri 

Pahlawan pendidikan yang satu ini merupakan pendiri dari organi besar di Indonesia yakni Nahdlatul Ulama. Selain itu dengan debut debut yang telah ia jalani H Hasim Asya'ri juga dijuliki dengan Maha guru atau Hadratus Syeikh 

H Ahmad Dahlan 

Jika Hasim Asya'ri merupakan pendiri Nahdlatul Ulama , maka Kyai Haji Ahmad Dahlan adalah pendiir dari organisasi Muhammadiyah. Selain bergerak di bidak sosial Muhammadiyah juga bergerak di bidang pendidikan di Indonesia. 

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar