Ini Dia Kerajaan Islam Tertua dan Pertama di Indonesia

shares |






Pada pelajaran sejarah yang selama ini kita pelajari menyebutkan bahwa kerajaan Samudra Pasai adalah kerajaan islam pertama di Indonesia. Namun faktanya terdapat kerajaan lain yang lebih dulu menjadi kerajaan islam di Indonesia sebelum kerajaan samudra passi. Kerajaan yag menjadi kerajaan islam tertua di Indonesia adalah kerajaan Perlak. 

Kerajaan yang bertempat di Aceh tepatnya bagian timur itu berdiri sejak tahun 840 Masehi yang lalu. Kerajaan ini bertahan cukup lama, menurut sejarah kerajaan ini berjalan hingga tahun 1292 sampai akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan Samudra Pasai. 

Pemerintahan pertama kerajaan islam tertua di Indonesia tersebut adalah Sultan Alaidin Syeh Maulna Abdul Aziz Syah. Pemimpin tersebut adalah anak dari Ali bin Muhammad bin Ja'far Shadiq  dan Makhdum Tansyuri yang tak lain adalah pendatang islam. 

Ketika pertama didirikan kerajaan Perlak meyakini ajaran syiah sebagai panutan serta telah didukung oleh dinasti Fatimah yang berasal dari mesir. Akan tetapi aliran syiah kemudian memudar dan berganti dengan aliran Sunni seiring runtuhnya dinati Fatimah. 

Akibatnya terjadi lah beberapa kali peperangan antara aliran Sunni dan Syiah. Jika ditotal terdapat 4 kali peperangan dimana masing masing pernah memperoleh kemenangan dan memperoleh kekalahan. Hal ini tentu membuat kedua mayarakat merasa jenuh , hingga pada akhirnya pada masa kepemimpinan Malik Shah Johan memutuskan untuk wilayah dibagi menjadi dua sehingga tak ada lagi pertikaian anatar kedua aliran. 

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar