Bukan Kutai, Kerajaan Pertama di Indonesia Adalah Kerajaan Salakanegara

shares |





Indonesia memang memiliki sejarah yang cukup panjang. Salah satunya adalah sejarah terkait kerajaan pertama yang bediri di Indoneisia. Selama ini banyak yang mengatakan bahwa Kutai adalah kerjaan pertama di Indonesia. Namun menurut para ahli mengutarakan bahwa kerajaan pertama di Indonesia bukanlah Kutai melainkan kerjaan Salakanegara. 

Ini terbukti adanya naskan wangsakerta yang berisi sebuah penjelasan bahwa kerajaan Salakanegara telah berdiri di Jawa Barat sejak tahun 130 Masehi. Dengan adanya fakta tersebut sekaligus mennyatakan bahwa kerajaan Salakanegara lah yang merupakan kerajaan pertama di Indonesia. 

Menurut sejarah pendiri dari kerjaan Salakanegara adalah Dewawarma yang merupakan duta bangsawan dari Calankanaya. Selain itu ia nyatanya juga seorang pedagang dari India yang menikah dan memutuskan menetap di Indonesia. Awal kedatanggannya di Indonesia adalah untuk menyebarkan agama Hindu hingga keseluruh dunia dan Indonesia menjadi salah satu negara yang ia kunjungi kala itu. 

Dewawarman datang keindonesia dengan berlabuh di Jawa Barat tepatnya di Teluk Lada. Bersama dengan pendeta yang dibawanya Dewawarman berhasil menciptakan kemakmuran di daerah teluk lada tersebut secara singkat dan mulai menyebarkan agama hindu. 

Kemudian pada akhirnya Dewawarman pun menikahi Dewi Pwahaci Larasati yang tak lain adalah putri dari pemimpin Teluk Lada yakni Datu Tirem. Sama halnya dengan Dewawarman semua pendeta yang ikut dengannya juga ikut menikahi perempuan Indonesia. 

Hingga pada suatu ketika Datu Tirem meninggal, secara otomatis kepemimpinan jatuh ada Dewawarman. Kala itu Dewawarman memutuskan untuk membentuk sebuah kerjaan yang ia berinama Salaka negara pada tahun 130 masehi yang berarti Negeri Perak. Dinobatkan sebagai raja Dewawarman diberi gelar dengan Prabu Darmalokapala Dewawarman Aji Raksa Gapura Segara, Sementara Dewi Pwahaci bergelar Dewi Dwani Rahayu. 

Nah itu lah sejarah singkat terkait kerajaan pertama di Indonesia. Seperti yang kita ketahui negara yang baik adalah negara yang tak pernah lupa dan selalu menghormati sejarahnya. 

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar