Budaya Politik di Indonesia

shares |



Budaya politik di Indonesia adalah sistem nilai yang dijalani dan diakui oleh masyarakat Indonesia. Masyarakat yang memiliki kesadaran untuk berpartisipasi dan ikut serta dalam pembuatan keputusan kolektif untuk kepentingan publik dalam menyejahterakan masyarakat dianggam telah turut serta menerapkan budaya politik. Berikut ini adalah budaya politik yang ada di Indonesia jika dilihat dari sifatnya. 

Budaya Politik Apatis 

Budaya politik ini adalah budaya dimana masyarakat memiliki sifat mengabaikan dan acuh terhadap kegiatan yang ada di negara. Oleh karena itu masyarakat pada tipe ini sama sekali tak menghiraukan terkait apapun yang dilakukan oleh pemerintah dalam segala bidang. 

Budaya Politik Mobilisasi 

Budaya politik yang satu ini membutuhkan adanya sebuah dorongan yang membuat masyarakat berpasrtisipasi dalam semua kegiatan yang ada di negara. Bahkan budaya model ini membutuhkan adanya sebuah paksaan untuk dapat peduli dengan segala sesuatu yang terjadi di negara baik masalah pemerintahan maupun masalah yang lainnya. 

Budaya Politik Partisipasi 

Budaya politik partisipasi lebih baik dari pada dua budaya politik yang sebelumnya. Hal ini karena masyarakat disini sudah memiliki kesadaran penuh untuk kut serta dalam seluruh kegiatan yang ada di negara. Dengan suka rela masyarakat akan peduli dengan segal sesuatu yang dilakukan oleh pemerintah demi kesejahteraan masyarakat. 

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar